Selasa, 15 November 2011

Fasilitas umum diJakarta


             Jakarta sebagai kota megapolitan menjadi pusat berbagai kegiatan, mulai dari pendidikan, perdagangan, perkantoran, dan lain sebagainya. Jakarta nyaris tidak pernah berhenti dari berbagai aktivitas. Banyak oramg yang melakukan aktivitasnya di kota ini. Karena fungsinya ini, kota Jakarta sudah seharusnya menyediakan berbagai fasilitas umum bagi warganya. Banyak sekali fasilitas yang dapat kita gunakan dijakarta. Sebelum kita sebutkan apa saja fasilitasnya mari kita lihat dulu apa itu fasilitas umum. Fasilitas umum adalah segala sarana danb prasarana yang ada dilingkungan umum yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fasilitas umum itu banyak macamnya, diantaranya tempat ibadah, telepon umum, rumah sakit, jalan raya, tempat rekreasi, kendaraan umum,pasar, fasilitas olahraga dan sebagainnya. Fasilitas umum disediakan oleh pemerintah setempat. Karena fasilitas umum dibutuhkan oleh banyak orang sehingga dibutuhkan dalam jumlah yang banyak pula. Namun, kewajiban menjaga dan memelihara fasilitas umum merupakan kewajiban semua masyarakat.  Dibawah ini adalah fasilitas yang terdapat dijakarta:
1.jalan raya
   Jalan raya adalah jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Biasanya jalan raya memiliki ciri-ciri, yaitu: digunakan untuk kendaraan bermotor dan digunakan oleh masyarakat umum, dibiayai oleh perusahaan Negara, penggunaannya diatur oleh undang-undang pengangkutan. Jalan disebut ideal jika jalan tersebut kuat, aman, bersih dan nyaman. Jalan yang kuat dapat dilihat dari segi konstruksinya yang dapat menahan beban peruntukkannya. Jalan juga harus dilengkapi dengan sarana penunjang jalan, meliputi bahu jalan, saluran air hujan, dan syarat-syarat yang lainnya. Agar aman, jalan dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas sehingga lalu lintas dapat berjalan tertib dan pemakai jalan terjaga keselamatannya. Jalan yang aman berarti jalan tidak digunakan untuk aktivitas lain misalnya pedagang kaki lima.
2.telepon umum
   Meskipun saat ini fasilitas handphone sudah banyak digunakan masyarakat, keberadaan telepon umum masih tetap diperlukan, karena telepon umum merupakan alat komunikasi yang relative murah. Fasilitas ini banyak dijumpai dihalte, terminal, stasiun, perkantoran, perbelanjaan, dan lain-lain. Telepon umum yang sering kita jumpai dapat dibedakan menjadi 2 yaitu, telepon koin dan telepon kartu. Tetapi, yang sering kita gunakan dan tidak asing lagi adalah telepon koin yang biasanya mengunakkan koin yang nominalnya sebesar 100, 200, 500 dan bahkan 1000. Sedangkan telepon kartu menggunakan kartu chip. Telkepon kartu biasanya dijumpai dikantor-kantor, kampus dan mall. Tetapi saat ini masyarakat banyak yang menawarkan telepon umum dengan membuka wartel (warung telekomunikasi). Banyaknya fasilitas wartel lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan jsa komunikasi.
3.kendaraan umum
   Kendaraan umum termasuk fasilitas yang sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan atau tempat aktivitas. Kendaraan umum adalah setiap kendaraan baik kendaraan darat, laut maupun udara yang disediakan untuk umum dengan pembayaran yang sudah ditentukkan. Kendaraan umum yang beroprasi di Jakarta, antar lain metromini, bus kota, KWK, busway, dan mikrolet.
a)metromini
   metromini adalah jenis angkutan dalam yang lebih kecil dari bus kota.
b)bus kota
   buskota adalah alat transportasi yang melintasi jalan-jalan utama. Daerah operasinya adalah antarkota.
c)KWK
   KWK adalah angkutan umum dengan kendaraan jenis minibus. Daerah operasinya melintasi jalan-jalan pinggiran kota, sama halnya dengan mikrolet.
d)busway
   busway adalah sarana transportasi baru yang kita kenal dengan transjakarta.
e)mikrolet
   mikrolet adalah jenis angkutan umum dengan kendaraan jenis kijang yang melintasi jalan-jalan utama maupun pinggiran kota.

1 komentar: