Selasa, 15 November 2011

Penduduk



Penduduk adalah sekumpulan orang-orang yang jumlahnya mencapai ribuan bahkan jutaan. Penduduk di Indonesia bisa mencapai jutaan karena Indonesia merupakan Negara yang besar. Sehingga Indonesia pun terjadi ledakan penduduk. Factor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya ledakan penduduk adalah tingkat kelahiran yang tinggi, tingkat kematian yang menurun, pernikahan usia muda, sikap religi bahwa anak adalah anugerah ALLAH, adanya semboyan banyak anak banyak rezeki. Sehingga, karena banyaknya penduduk yang ada di Indonesia sehingga migrasi penduduk pun harus dilakukan. Migrasi penduduk dapat digolongkan kedalam 2 kelompok, yakni migrasi internal yang artinya perpindahan penduduk dalam satu Negara, contohnya urbanisasi dan transmigrasi dan migrasi internasional yang artinya perpindahan penduduk dari suatu Negara ke Negara lain, contohnya emigrasi, imigrasi dan remigrasi.
Bentuk-bentuk perpindahan penduduk, antara lain;
1.imigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari Negara lain masuk kedalam Negeri
2.emigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari dalam negeri keluar negeri dan menetap
3.migrasi bermusim, yaitu perpindahan penduduk pada musim tertentu, misalnya perpindahan penduduk karena masa tanam dan panen
4.remigrasi, yaitu perpindahan penduduk kembali ke tanah airnya
5.evakuasi, yaitu perpindahan penduduk dari tempat satu ke tempat yang lain karena alasan pengamanan  
6.urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa menuju ke kota untuk alas an tertentu
7.transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya kedaerah yang masih jarang penduduknya dalam suatu Negara. Macam-macam transmigrasi adalah transmigrasi umum yang artinya transmigrasi dengan tujuan untuk menyebarkan penduduk, transmuigrasi swakarsa yang artinya transmigrasi yang dilakukan atas kehendak sendiri, transmigrasi bedol desa yang artinya transmigrasi dengan tujuan memindahkan penduduk desa karena sebab tertentu, contohnya bencana alam dan transmigrasi padat karya yang artinya transmigrasi dengan tujuan pemindahan penduduk guna mengerjakan suatu pekerjaan atau suatu proyek.
            Adapun sebab-sebab perpindahan penduduk yaitu, gangguan keamanan, bencana alam, tekanan ekonomi, karena pernikahan dan untuk melanjutkan pendidikan. Dengan adanya perpindahan penduduk sehingga berakibat mempercepat terlaksananya pembangunan nasional, memperkokoh persatuan dan kesatuan, tersedianya tenaga kerja yang potensial, desa kekurangan tenaga kerja yang potensial, banyaknya pengangguran diperkotaan yang memunculkan masalah social, contohnya jambret dan pencopet serta bermunculan pemukiman-pemukiman kumuh yang dapat menyebabkan banjir. Sehingga untuk mengurangi ledakan penduduk maka pemerintah dan masyarakat harus dapat bekerja sama dalam memerangi masalh ini semua seperti melaksanakan program keluarga berencana (KB), menganjurkan untuk menunda usia perkawinan sehingga dapat menghindari masalah kawin muda, serta kurangilah pemikiran kalau banyak anak itu banyak rezeki. Dengan adanya upaya ini kemungkinan bisa mengurangi ledakan penduduk yang semakin parah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar